Powered By Blogger

Rabu, 28 April 2010

MALAYSIA TERTUNDUK

Sriwijaya FC mampu mewujudkan ambisi di pentas internasional, setelah menekuk tuan rumah Selangor FA dengan skor 4-0 di Stadion Shah Alam Malaysia, Rabu (28/4) malam. Keith Kayamba Gumbs Cs mengukir sejarah baru, karena satu-satunya klub wakil Indonesia yang lolos ke babak 16 besar sekaligus meraih juara grup.

Gol kemenangan SFC dilesakkan striker Keith Kayamba Gumbs menit 27 dan menit 90, Anoure Obiora Richard di menit 41, dan Ponaryo Astaman di menit 81. Charis Cs tampil solid di lini belakang. Sehingga lini depan dan tengah dengan tenang melakukan serangan-serangan. Tangguhnya kiper Ferry Rotinsulu di bawah mistar gawang juga membuat SFC mampu menjaga gawangnya tidak kebobolan.

SFC duduk sebagai Juara Grup. Meski sama-sama mengemas nilai 13 bersama Binh Duong FC, tetapi Laskar Wong Kito unggul selisih 2 gol atas tim Vietnam itu, yang juga meraih kemenangan atas tuan Victory dengan skor 5-0.

Di babak 16 besar yang menggunakan sistem knock out atau gugur, Kayamba dkk. kemungkinan besar akan menghadapi runner up Grup H, Thai Port. Di Grup tersebut, tim asal Thailand mengantongi poin 11 hasil 3 kali menang 2 seri dan sekali kalah dari 6 laga. Sedangkan juara grup Da Nang asal Vietnam sebagai tim tak terkalahkan yang mengumpulkan poin 14 dengan 4 kemenangan dan 2 seri.

Hasil ini juga sebagai pelampiasan atas kekalahan memalukan 0-5 dari Persitara di ajang Liga Super Indonesia, Sabtu (24/4) lalu. Skuad asuhan Rahmad Darmawan patut dibanggakan karena menjadi satu-satunya klub wakil Indonesia yang lolos dan bertahan di ajang Internasional. Dua wakil Indonesia, Persiwa Wamena sudah dipastikan tersingkir di ajang AFC, begitu juga Persipura tersingkir di ajang Liga Champions Asia (LCA). Keduanya menjadi juru kunci di grup masing-masing.

Coach Rahmad Darmawan maupun Manajer SFC Hendri Zainudin sangat bersyukur, karena kemenangan ini SFC akan menjadi tuan rumah di babak 16 besar nanti. Peluang untuk melangkah ke babak 8 besar AFC juga semakin terbuka.

Presiden Klub SFC, Dodi Reza Alex memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak manajemen, pelatih dan pemain yang sudah bekerja keras. Selain memberikan bonus 100 juta bagi tim, juga ada bonus tambahan pribadi darinya sebesar Rp 10 juta.

SFC menunjukkan mental juara yang sesungguhnya. Meski sempat ternoda dengan kekalahan 5-0 atas Persitara, tetapi Zah Rahan cs menunjukkan mental juara. Meski sempat terpuruk, tetapi dalam waktu singkat mampu bangkit dan menang 4-0. Kita semakin mantap menatap target lolos ke perdelapan final.

Tampil Disiplin Sejak menit awal Obiora dan kawan-kawan tampil tenang dan disiplin. Tangguhnya kiper Ferry Rotinsulu di bawah mistar gawang serta disiplinnya Charis cs di lini belakang, membuat SFC mampu menahan serangan cepat yang dirancang tuan rumah Selangor.

Ketenangan anak asuh RD berbuah gol di menit 27. Striker Keith Kayamba Gumbs mampu menundukkan kiper Selangor, Fairul. Memasuki menit 41 giliran striker Anoure Obiora Richard membobol gawang lawan. Hingga babak pertama berakhir skor bertahan 2-0 untuk SFC.

Memasuki babak kedua, pelatih Selangor FA K Devan mengubah strategi dengan bermain lebih menyerang. Namun solidnya lini tengah dan belakang SFC membuat amunisi Selangor mati kutu.

Demi mempertahankan arealnya, Ponarya dan Worabay harus bermain keras walaupun akhirnya menerima kartu kuning. Memasuki menit 81 Ponaryo justru menambah keunggulan menjadi 3-0. Pesta gol ditutup Kayamba dengan golnya di menit 90.

(ndr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar